31.4 C
Jember
Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Gejala Alam Biotik dan Abiotik yang Terjadi di Sekitar Tanpa Disadari

Manusia tumbuh dan berkembang berdampingan dengan alam. Secara kompleks, manusia membutuhkan bantuan alam dalam banyak hal. Manusia sudah seharusnya menjaga keseimbangan dan pelestarian alam, karena manusia memang membutuhkan peran dari alam itu sendiri. Tak hanya manusia, alam juga terkadang memiliki proses berubahnya sendiri.

Di bumi, alam memiliki berbagai perubahan dan gejala yang dapat menimbulkan suatu interaksi. Interaksi-interaksi tersebut dapat dibedakan menjadi biotik dan abiotik. Gejala alam biotik dan abiotik membuat manusia membutuhkan pengetahuan untuk mengidentifikasi dalam merespon gejala alam yang terjadi. Baik gejala alam biotik dan abiotik.

Jika manusia dapat mempelajari gejala alam biotik dan abiotik, maka manusia dapat mengembangkan ide-ide agar mampu berinteraksi dengan alam sekitarnya. Hal ini tentu menjadi suatu pengetahuan agar manusia dapat melakukan sesuatu pada alam untuk menjaganya.

Biotik adalah suatu komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk-makhluk hidup. Komponen biotik ini dapat dibedakan berdasarkan jenis-jenis, ukuran serta peran dan fungsinya. Manusia sendiri masuk dalam komponen biotik karena memiliki pengaruh yang besar terhadap gejala alam yang terjadi.

Abiotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas benda-benda mati, namun memberikan pengaruh dan manfaat dalam kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Contoh komponen abiotik adalah air, udara, tanah dan sinar matahari.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles