24.5 C
Jember
Sabtu, Mei 25, 2024
spot_img

Hubungan Anak dan Orang Tua Tetap Harmonis, ini 4 Tips yang Harus Dilakukan oleh Keluarga

kasiyantimur.idJEMBER, Hubungan baik antara anak dan orang tua merupakan hal yang utama, juga sangat diinginkan setiap keluarga.  Karena pada dasarnya, keharmonisan adalah kunci utama dalam membangun kehangatan suatu hubungan dan menjaga ikatan keluarga dari keretakan.

Namun tidak jarang juga terjadi, hubungan antara orang tua dengan anak tidak berjalan harmonis. Biasanya pemicunya berawal dari kesalahpahaman. Ini tentu hal yang wajar, namun jika dibiarkan tentu akan berdampak buruk. Dan akan menjadi masalah yang serius dalam keluarga.

Berikut, empat tips menjaga keharmonisan hubungan anak dengan orang tua. Simak selengkapnya.

1. Jangan memarahi Anak

Memarahi anak ketika melakukan kesalahan, merupakan perbuatan yang tidak baik bagi mereka. Karena akan membuat psikologis anak tergangu. Untuk itu, sebagai orang tua, jika sang anak melakukan kesalahan, kita jangan langsung memarahinya, melainkan harus diajak bicara.

Lalu tanya, apa yang membuat dia melakukan hal tersebut, kemudian beri dia nasihat dan solusi yang baik, agar tidak mengulanginya kembali.

2. Memberi Dukungan Pada Anak

Ketika anak sedang mengalami kesulitan atau masalah, orang tua jangan bersikap tidak peduli apalagi membiarkannya. Melainkan anda harus memberikan dia dukungan, dengan menunjukan rasa peduli anda. Maka perasaan mereka akan lebih baik. Dan masalahnya akan terasa ringan.

Walaupun mereka memiliki banyak teman namun, dukungan dari orang tua sangatlah penting dan lebih dibutuhkan.

3. Sentuhan Kasih Sayang

Perilaku ini sangatlah penting bagi sang anak.Karena, sentuhan kasih sayang akan memberikan dia rasa nyaman dan aman. Sentuhan juga dapat meringankan rasa sakit, mengurangi kecemasan, dan membangkitkan harapan.

Kasih sayang dapat dilakukan dengan cara, mengenggam tangannya, mengusap kepala dan badannya saat mereka tidur, atau dengan pelukan hangat. Sering memberikan sentuhan kasih sayang pada anak, membuat mereka akan merasa dekat dan akan membuat mereka menyayangi anda.

4. Jadilah panutan Bagi Anak

Menurut sebagian orang, baik buruknya seorang anak adalah cerminan dari orang tuanya. Namun itu hanya sekedar pendapat bisa iya bisa tidak.

Karena hal tersebut, penting bagi orang tua untuk menjadi panutan bagi sang anak. Perkembangan emosi dan edukasi pada anak biasanya terjadi sejak mereka kecil.

diambil dari berbagai sumber***

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles